Selasa, 01 Mei 2018

SEJARAH JEPIN SILAT MELAYU SANGGAU

SEJARAH JEPIN SILAT MELAYU SANGGAU

Sejarah awal mula Jepin Silat atau Jepsi yaitu pada tahun 1972 muncul pemikiran untuk mengembangkan khasanah Jepin agar tidak terlihat monoton. Dimulai dari ide Almarhum Abang Sofian Amin maka tercetuslah ide untuk menciptakan gabungan Jepin dan Pencak Silat. Ide Almarhum Abang Sofian Amin mendapat tanggapan antusias dari teman-temannya sesama seniman seni tradisional pada masa itu.
Maka pada tahun yang sama, berkumpullah beberapa seniman tradisional guna mewujudkan ide Almarhum Abang Sofian Amin itu. Seniman tradisional tersebut terdiri dari :
Penari :
1.         Abang Supriadi.
2.         Gusti Indra Kusuma.
3.         Iriani (pensiunan Polisi dari Pemangkat).
4.         Ridwan Ismail.
5.         Dayang Nurmimi.
6.         Ice.
7.         Senorita.
8.         Hj. Dayang Zuraidah.

Pemusik :
1.    Almarhum Gusti Muhammad Yusuf (Pak Beng).
2.    Abang Khairudin.
3.    Abang Nabhan.
4.    Ade Asfar.

Para seniman tradisional tersebut menciptakan gerak langkah Jepsi yang di dasarkan pada gerak dasar langkah Jepin tradisional dan di padukan dengan gerak Pencak Silat. Untuk gerak Pencak silat di ambil dari gerak dasar Silat Kuantan yaitu pukulan silat tembung.
Dalam proses penggarapan langkah Jepsi, Almarhum Abang Sofian Amin berperan sebagai pencetus awal langkah dasar Jepinnya meskipun dalam penggabungan antara langkah Jepin tradisional dan pencak Silat di lakukan secara bersama-sama. Untuk pukulan Jepin tidak berubah hanya tempo yang di percepat untuk penyesuaian pada langkah pencak silat. Sedangkan alat musik yang digunakan yaitu berupa Gambus Kecil dan Kecapak yaitu alat musik pukul mirip beruas tetapi dibawahnya tidak tertutup. Proses penggarapan Jepsi ini memakan waktu selama kurang lebih 2 bulan. Dan pada tahun 1973, Jepsi di pertunjukan pada peresmian Gedung Arena Remaja Pontianak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...