Selasa, 23 Januari 2018

MENDETEKSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN DAERAH



KARAKTERISTIK KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN DAERAH

Berdasarkan acuan dari Association of Certified Fraud Examinations (ACFE-2000), yaitu salah satu asosiasi di USA yang mendarmabaktikan kegiatannya dalam upaya pencegahan dan pemberantasan kecurangan, mendefinisikan kecurangan adalah tindakan ilegal yang dilakukan secara sengaja atau terencana untuk mendapat keuntungan.
Pendeteksian terjadinya kecurangan, perlu diketahui karakteristik kecurangan laporan keuangan daerah, dalam hal ini penyebab kecurangan laporan keuangan daerah yang mungkin terjadi. Beberapa penyebab kecurangan laporan keuangan daerah antara lain :
1)   Kurangnya tata kelola organisasi dan pengendalian internal.
2)   Pengawasan yang tidak efisien dari manajemen.
3)   Struktur organisasi yang tidak stabil.
4)   Defisiensi pengendalian internal adalah peluang terjadinya kecurangan.
Biasanya kecurangan laporan keuangan daerah terdapat tiga tindakan, antara lain :
1)   Tindakan atau the act.
2)   Penyembunyian atau the concealment.
3)   Konversi atau the conversion.
Salah satu contoh tiga tindakan dalam kecurangan laporan keuangan daerah misalnya kecurangan atas harta persediaan, kemudian pelaku akan menyembunyikan kecurangan tersebut misalnya dengan membuat bukti transaksi pengeluaran fiktif. Selanjutnya setelah perbuatan kecurangan dan penyembunyian dilakukan, pelaku akan melakukan konversi dengan cara memakai sendiri atau menjual persediaan tersebut.
Pada dasarnya terdapat dua jenis kecurangan laporan keuangan daerah, antara lain :
1)   Kecurangan Laporan Keuangan Daerah secara Eksternal.
Yaitu Kecurangan Laporan Keuangan Daerah yang dilakukan oleh pihak luar terhadap suatu organisasi atau suatu entitas, seperti kecurangan yang dilakukan oleh pelanggan terhadap Badan Usaha Milik Daerah dan kecurangan yang dilakukan oleh wajib pajak terhadap pemerintah.
2)   Kecurangan Laporan Keuangan Daerah secara Internal.
Yaitu Kecurangan Laporan Keuangan Daerah yang dilakukan oleh anggota dalam organisasi itu sendiri berupa tindakan tidak legal dari pegawai, bagian keuangan dan akuntansi, pejabat pelaksana kegiatan, pemimpin instansi dan eksekutif terhadap organisasi tempat mereka bekerja.

Ringkasan buku Mendeteksi Kecurangan Laporan Keuangan Daerah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...