Minggu, 21 Januari 2018

MASUKNYA ISLAM DI KALIMANTAN BARAT 1

MASUKNYA ISLAM DI KALIMANTAN BARAT 1

Berdasarkan sebuah dokumen kuno asal Tiongkok telah menyebutkan, bahwa pada sekitar tahun 625 Masehi di pesisir pantai negeri Zabaj atau yang sekarang disebut Sambas telah berdiri sebuah perkampungan Arab. Pernyataan ini juga dijelaskan dalam sebuah literatur kuno Arab berjudul Ajaib al-Hind yang ditulis oleh Buzurg bin Shahriyar al-Hurmuzi pada tahun 1000 Masehi yang memberikan gambaran serupa yaitu adanya perkampungan muslim di wilayah Zabaj atau Sambas yang pada masa itu merupakan wilayah Kerajaan Wijaya Pura. Dalam catatan duta-duta Islam itu disebutkan bahwa Kerajaan Wijaya Pura ini merupakan sebuah Kerajaan Sambas Kuno di sekitar Sungai Rejang, yang pada masa itu termasuk salah satu wilayah kekuasaan Sriwijaya. Catatan-catatan itu memberikan gambaran bahwa pada masa abad pertama Hijriah, Islam telah sampai di Kalimantan Barat yaitu melalui wilayah pesisir pantai Sambas, atau wilayah Kerajaan Wijaya Pura.
Catatan-catatan kuno tersebut juga mempertegas bahwa Kerajaan Wijaya Pura atau Kerajaan Sambas Kuno telah memeluk Islam pada abad pertama Hijriah. Artinya masyarakat Sambas telah memeluk Islam jauh sebelum berdirinya Kesultanan Sambas, yang secara resmi dideklarasikan bersamaan dengan penobatan putra Pangeran Muda Raja Tengah Brunai yang bernama Raden Sulaiman menjadi Sultan Sambas yang pertama pada hari Senin tanggal 1 Zulhijjah 1040 Hijriah bersamaan dengan 10 Juli 1630 Masehi dan diberi gelar Sultan Muhammad Tsafiuddin. Adapun Sultan Muhammad Tsafiuddin menikah dengan putrinya Ratu Sepudak Sambas yang bernama Mas Ayu Bungsu. Hal ini juga berarti bahwa Ratu Sepudak Sambas yang merupakan Raja Kerajaan Sambas Kuno tersebut beragama Islam.

Ringkasan Napak Tilas Islam di Bumi Dara Nante

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...