Selasa, 23 Januari 2018

CERITA LEGENDA SANGGAU KAPUAS



ASAL MULA PADONG RUMPANG

Pada Hisek purnama ketujuh, Matahari ke dua puluh delapan arah Utara, Hisek ke tiga belas, pada 960 purnama, yang artinya adalah bulan ketujuh, tanggal 28, tahun 1380 atau 28 Juli 1380 Masehi, terjadi perang antara pasukan Negeri Kapuhas dan Kerajaan Majapahit. Perang tersebut terjadi hampir bersamaan waktunya dengan berdirinya Kerajaan Jangkang yang didirikan oleh Ria Satry atau bergelar Patee Jangkangk, anaknya Patee Gumantar, yang berpusat di Muara Mengkiang. Perang itu bermula dari wilayah Pulau Jambu hingga ke wilayah Kayu Tunu. Pasukan Negeri Kapuhas pada masa itu dipimpin oleh Ria Jambi atau Patee Ngabangk, Patee Jangkangk dan Demong Nutub atau Adipati Sumintang.
Pasukan Negeri Kapuhas yang sedang membangun benteng pertahanan di Pulau Jambu kembali bertemu dengan pasukan Majapahit. Kedatangan pasukan Majapahit yang jumlahnya lebih banyak ini untuk membalas kekalahan mereka pada perang sebelumnya yang terjadi di wilayah perairan Sekadau.
Perang besar terjadi, pasukan negeri Kapuhas akhirnya terpukul mundur dari wilayah Pulau Jambu hingga di perairan Semerangkai. Perang itu berlangsung selama lebih dari tiga bulan. Ketika pasukan Majapahit berada di wilayah yang sekarang disebut Padong Rumpang, Demong Nutub bersiasat agar pasukan Kapuhas membuka jalan air guna membanjiri lembah itu. Siasat Demong Nutub berhasil, air kemudian tumpah ruah atau Rumpang ke lembah yang sedang ditempati oleh pasukan Majapahit. Air yang Rumpang atau tumpah itu kemudian menjadi danau dan disebut Padong Rumpang atau Danau Rumpang. Setelah beberapa bulan berperang, pasukan Kapuhas terdesak. Hingga di sekitar wilayah perairan Kayu Tunu, perang pun terhenti ketika Demong Nutub akhirnya tertangkap oleh pasukan Majapahit di wilayah Muara Liku.

Ringkasan buku Cerita Legenda Sanggau Kapuas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...