Minggu, 21 Januari 2018

CANDI DI KALIMANTAN


CANDI DI KALIMANTAN

Ditemukannya beberapa Candi di Kalimantan yang memiliki jenis dan struktur candi yang sama yaitu Candi Amuntai di Kalimantan Selatan, Candi Benua Baru di Kabupaten Kayong Utara, Candi Mengkiang di Muara Mengkiang Sanggau, dan Candi Sanggau di Komplek Pemakaman Raja-Raja Sanggau, memberikan gambaran bahwa secara umum situs-situs kuno yang berbentuk Candi di Kalimantan, khususnya di Kalimantan Barat memiliki jenis dan struktur dari Bata Merah. Candi-candi ini kebanyakan berada di bawah tanah sehingga diperlukan penggalian untuk mengetahui betuk Candi-candi tersebut.
Di Kabupaten Sanggau selain Candi di Mengkiang dan Kota Sanggau, banyak terdapat persebaran situs-situs kuno yang berbentuk susunan Bata Merah yang mengarah kedalam tanah. Hanya disayangkan, situs-situs kuno tersebut tidak terpelihara dengan baik karena minimnya pemahaman masyarakat terhadap penting dan bernilai tingginya situs-situs kuno tersebut sebagai bukti dari fakta sejarah tentang eksistensi Kalimantan dalam sejarah dunia.
Bahkan di beberapa tempat, situs-situs kuno Bata Merah tersebut dihancurkan begitu saja oleh masyarakat karena dianggap tidak penting dan tidak memiliki kisah historis dengan Nenek Moyang mereka. Mereka lebih memelihara sebuah tongkat kayu karena di anggap sebagai salah satu peninggalan Nenek Moyang mereka pada masa dahulu. Mereka beranggapan bahwa kebudayaan Kalimantan adalah kebudayaan kayu, padahal Nenek Moyang mereka memiliki kebudayaan yang sangat tinggi pada masa dahulu yang tidak hanya sekedar kebudayaan kayu. Sehingga persebaran situs-situs Bata Merah ini terabaikan begitu saja. Padahal situs-situs Bata Merah ini lah sebagai salah satu jawaban mengapa Kalimantan identik dengan berwarna Merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...