Jumat, 26 Januari 2018

BELAJAR KONSEP-KONSEP DASAR PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF


DEFINISI PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF

Penelitian kuantitatif diartikan sebagai suatu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan datanya menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.
Dalam metode penelitian kuantitatif, masalah yang diteliti lebih umum memiliki wilayah yang luas, dengan tingkat variasi yang kompleks. Penelitian kuantitatif lebih sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Penelitian kuantitatif banyak menuntut penggunaan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan dari hasilnya. Demikian pula pada tahapan kesimpulannya, penelitian akan lebih baik bila disertai dengan gambar, tabel, grafik, atau tampilan lainnya.
Metode kuantitatif sering juga disebut metode tradisional, positivistik, ilmiah atau scientific dan metode discovery. Metode penelitian kuantitatif dinamakan juga metode tradisional, karena metode jenis ini sudah cukup lama dipergunakan sehingga sudah mentradisi sebagai metode untuk penelitian. Metode penelitian ini disebut sebagai metode positivistik karena berlandaskan pada filsafat positivisme. Metode penelitian ini disebut sebagai metode ilmiah atau scientific karena metode penelitian ini telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit, empiris, obyektif, terukur, rasional dan sistematis. Metode ini juga disebut metode discovery karena dengan metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan berbagai iptek baru.
Penelitian Kualitatif adalah metode penelitian yang datanya adalah data kualitatif sehingga analisisnya juga analisis kualitatif (deskriptif). Data kualitatif adalah data dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar. Data kualitatif dapat diubah menjadi data kuantitatif dengan jalan diskoring. Contoh data kualitatif adalah manis, pahit, rusak, gagal, baik sekali, baik, kurang baik, tidak baik, atau  sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, sangat tidak setuju, selalu, sering, kadang-kadang, jarang, dan  tidak pernah.
Dalam penelitian kualitatif riset yang dilakukan bersifat deskriftif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna atau perspektif subjek lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian.
Terdapat perbedaan yang mendasar antara peran landasan teori dalam metode penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, penelitian berangkat dari teori menuju data dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan, sedangkan dalam penelitian kualitatif peneliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas, dan berakhir dengan suatu “teori”.

Ringkasan buku Belajar Konsep-Konsep Dasar Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...