Kamis, 18 Januari 2018

ASAL MUASAL MENGAYAU


MENGAYAU

Munculnya istilah Ngayau atau Mengayau bermula dari peristiwa peperangan yang terjadi di simpang Tanjung Berungus, atau ada yang menyebutnya wilayah Tambarungan pada tahun 745 Masehi. Pada masa itu datang serombongan Bangsa Hakka dari daratan Tiongkok. Bangsa Hakka datang ke daratan Kalimantan secara bertahap yang telah dimulai pada periode-periode sebelumnya. Mereka datang ke Kalimantan dengan alasan bahwa dahulunya nenek moyang mereka berasal dari Kalimantan yaitu ketika periode sebelum Masehi atau pada masa sebelum terjadinya letusan gunung api secara bersamaan.
Rombongan Bangsa Hakka tiba di daratan Tanjung Berungus. Rombongan ini kemudian terlibat konflik dengan Bangsa Rajat Rungus atau Bangsa Momogun yang mendiami wilayah Tanjung Berungus. Nenek moyang Bangsa Rajat Rungus atau Bangsa Momogun dahulunya merupakan Bangsa Gholiks yang menetap di negeri Thang Raya. Mereka pergi dari negeri Thang Raya akibat terjadi letusan Gunung Niut, dan akhirnya menetap di wilayah yang kemudian disebut Tanjung Berungus.
Konflik antara Bangsa Hakka dengan Bangsa Rajat Rungus tidak dapat diselesaikan secara damai, sehingga terjadilah perang diantara kedua Bangsa tersebut. Bangsa Rajat Rungus terdesak oleh serangan Bangsa Hakka hingga sampai ke pedalaman. Bangsa Rajat Rungus kemudian mengirim utusan ke Tampun Juah untuk memohon bantuan Raja Rahadyan Dapuntra Yatra guna merebut kembali wilayah mereka di Tanjung Berungus yang telah dikuasai oleh Bangsa Hakka.
Raja Rahadyan Dapuntra Yatra kemudian mengirim pasukan Tampun Juah ke Tanjung Berungus yang dipimpin oleh putra sulungnya bernama Babariang Langit. Babariang Langit adalah panglima perang Tampun Juah yang handal, ia menguasai strategi berperang dan telah menciptakan teknik berperang yang unik yaitu menyerang ke bagian leher lawan sehingga musuh-musuh Tampun Juah yang terlindungi pakaian besi dapat dikalahkannya. Teknik berperang Babariang Langit ini kemudian ditiru oleh pasukan Tampun Juah sehingga pasukan Tampun Juah sangat disegani pada masa itu.
Babariang Langit bersama pasukannya selanjutnya pergi ke Tanjung Berungus untuk membantu Bangsa Rajat Rungus, dan pasukan ini bertemu dengan pasukan Bangsa Hakka disebuah wilayah simpang Tanjung, maka terjadilah peperangan. Bangsa Hakka kewalahan menghadapi serangan pasukan Tampun Juah.

Pasukan Bangsa Hakka kebingungan menghadapi teknik berperang pasukan Tampun Juah. Banyak pasukan Bangsa Hakka yang tewas dengan kepala terpenggal dalam perang tersebut. Bangsa Hakka menyebut teknik berperang pasukan Tampun Juah dengan sebutan Ngazou atau Mangazou. Bangsa Hakka terus terdesak oleh serangan pasukan Tampun Juah hingga akhirnya tercerai berai meninggalkan wilayah Tanjung Berungus. Wilayah simpang Tanjung tempat berperangnya pasukan Bangsa Hakka dengan pasukan Tampun Juah kemudian disebut sebagai Tanjung Simpang Mangazou atau Tanjung Simpang Mengayau.
Setelah Bangsa Hakka berhasil diusir oleh pasukan Tampun Juah dari wilayah Tanjung Berungus, maka Bangsa Rajat Rungus kembali menempati wilayah Tanjung Berungus. Istilah Ngazou atau Mangazou dari Bangsa Hakka untuk penyebutan teknik berperang pasukan Tampun Juah kemudian mulai dikenali oleh bangsa-bangsa dari negeri lain. Kehandalan pasukan Tampun Juah yang dibawah komando Babariang Langit dalam peristiwa peperangan di Tanjung Simpang Mangazaou menjadikan Tampun Juah semakin disegani.
Setelah membantu Bangsa Rajat Rungus, Babariang Langit kemudian menikah dengan Putri Mahuntup Bulang, yaitu seorang putri raja dari negeri yang digelari Malujja Bulang atau sekarang disebut sebagai negeri Brunai. Dari pernikahan Babariang Langit dengan Putri Mahuntup Bulang melahirkan seorang putra yang bernama Rahadyan Bunu. Rahadyan Bunu kemudian memiliki dua putra yang bernama Rahadyan Sangiang dan Rahadyan Sangen.

Ringkasan buku Asal Muasal Mengayau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...