Minggu, 25 Oktober 2020

Nujum Melayu



 

Buku Nujum Melayu ini merupakan hasil tulisan ulang terjemahan dari Kitab berjudul At-Thawali’ al-Hadatsiyyah Lirrijal wan Nisa’, hasil karya Abu Ma’syar Al-Falaki. Kitab tersebut merupakan Kitab Astrologi yang sangat terkenal pada masa dahulu.

Abu Ma’syar telah berkontribusi besar dalam bidang kedokteran yaitu dengan teorinya yang sangat popular, Theory of the Great Conjunctions, telah berhasil menjawab soal epidemik fenomena Black Death yang melanda dunia tahun 1347 M yang disinyalir telah menewaskan 200 juta nyawa hanya dalam 4 tahun. Teori Abu Ma’syar yang menghubungkan masalah kedokteran dengan fenomena luar angkasa telah berhasil menyelesaikan wabah yang melanda dunia pada masa itu.

Mengingat nilainya yang autentik, dan mempunyai arti yang penting bagi sejarah kejayaan Islam pada masa dahulu sehingga terjemahan Kitab ini yang telah rapuh termakan usia dilakukan penulisan ulang. Agar berbagai ilmu pengetahuan tentang ilmu Astrologi yang terkandung didalamnya tidak punah. Sehingga generasi pada masa ini tidak putus ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...