Minggu, 25 Oktober 2020

Asal Muasal Zapin Melayu

 


Istilah Melayu berasal dari kata Malaya. Permulaannya muncul yaitu dalam Prasasti Yupa Kutai dengan nomor Invetaris D 175 atau disebut juga Prasasti Muarakaman 5. Dalam prasasti itu disebutkan adanya upacara persembahan di pegunungan yang tinggi atau Parwatam sebagai tempat permulaan Negeri atau Pamalaya.

Kemudian asal muasal Tarian Melayu bermula dari ritual persembahan yang pada masa dahulu ditempatkan pada puncak pegunungan yang disebut Parwatam atau Bahusuwamnakam kepada Angsuman atau Penguasa di Langit ataupun Dewa Matahari yang gerakannya mengelilingi tiang persembahan. 

Selanjutnya istilah Zapin berasal dari Bahasa Arab, yaitu  Zafn, zafa, zaffa, zafana, zaffan, yang mempunyai arti pergerakan kaki cepat mengikuti rentak pukulan. Istilah Zapin muncul pada sekitar abad ke 6 Masehi, ketika terjadi gencatan senjata dengan orang-orang kafir Mekkah. Pada waktu anak puteri Saidina Hamzah ingin ikut Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Lalu Nabi Muhammad menunjuk Ja’far yang dengan girangnya menari-nari mengangkat kaki bersama Saidina Ali. Inilah sejarah awal munculnya Zapin dalam peradaban Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...