Minggu, 25 Oktober 2020

Besampu' Ritual Adat Pemberian Gelar Dan Nama Kerajaan Sanggau



Makna Besampu' secara harfiah adalah membenturkan antara nama dari sebelah Ayah dengan nama sebelah Ibu, yaitu untuk menemukan pihak mana yang namanya lebih kuat atau lebih tinggi nilainya. Ritual Besampu' terikat dengan Syarat dan Rukun yang selaras dengan Aqiqah dalam Syariat Islam.

Ritual Besampu’ ini dilakukan ketika akan memberikan gelar Kebangsawanan dan nama pada si bayi, yaitu pada hari ke tujuh setelah kelahiran. Sebagaimana termaktub dalam Hukum Adat Kerajaan Sanggau Pasal 9, yang tertulis, “Aturan Adat Istiadat, jikalau Zuriat anak-anak cucu darah Raja-Raja, dan Zuriat anak-anak cucu darah Mas, siapa juga orang yang ada berkehendak memberi nama dan berpangkat yang dikurnia dari Nasabnya, hendaklah tetaplah adatnya seperti Pembuka Suaranya 40 Rial dan Adat Pengsupannya 4 Tahil, dan dibuat Adat Aqiqah diatas kelahirannya, dan dibuat Adat Menyampu’ adalah ia dihitung pada nama-nama dari Bapa Ibunya, dan dibuat membaca Berzanzi, dan dibuat Adat memotong rambutnya”.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...