Minggu, 25 Oktober 2020

Asal Muasal Bubur Pedas Makanan Tradisional Sambas

 



Bubur Pedas merupakan makanan tradisional dari Sambas. Makanan ini berupa bubur yang dicampur dengan daun Kesum atau Persicaria Odorata sehingga menimbulkan rasa pedas dan aroma yang khas akibat pengaruh dari Daun Kesum tersebut.

Menurut riwayatnya, asal muasal Bubur Pedas Sambas ini bermula ketika terjadi penyerangan pasukan Wilwatikta atau Majapahit ke Kerajaan Sambas. Atas hasutan dari Paman Patih Dyah Halayudha sehingga Raja Jayanegara menyerang Kerajaan Sambas untuk merebut benda pusaka Mustika Bintang milik Raja Sambas Nek Riuh. 

Setelah terjadinya perang, Raja Sambas Nek Riuh yang bergelar Ria Janur jatuh sakit dan kehilangan nafsu makannya, yang disebutkan akibat terkena sihir. Hingga kemudian salah seorang pelayan Istana membuatkan makanan berupa bubur yang dicampur dengan Daun Kesum sehingga Raja Sambas Nek Riuh sembuh dari penyakitnya dan berselera kembali untuk makan. Setelah sembuhnya Raja Sambas itu, maka makanan yang kemudian disebut Bubur Pedas ini menjadi menu utama Raja Sambas tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...