Jumat, 23 Agustus 2019

PANEMBAHAN SINGKAWAK DAN PANEMBAHAN SENGGAOK


PANEMBAHAN SINGKAWAK DAN PANEMBAHAN SENGGAOK
Panembahan Singkawak beda dengan Panembahan Senggaok. Keduanya berbeda masa. Panembahan Singkawak yang menikah dengan Puteri Cermin, anak perempuannya Raja Kahhar. Pada masa kedatangan Raja Kahhar ke Singkawak inilah yang menjadi asal muasal nama Singkawang.
Dari pernikahan Panembahan Singkawak dengan Putri Cermin dikaruniai seorang anak perempuan bernama Utin Indrawati. Ketika berusia gadis, Utin Inderawati ditunangkan oleh Panembahan Singkawak dengan Raja Sambas bernama Ratu Anum Kusumayuda. Namun Utin Inderawati tidak bersedia bertunangan dengan Ratu Anum Kusumayuda karena merasa kurang cocok dihatinya. Maka pada masa inilah terjadi peristiwa “Pucuk Mempaoh”, yang menjadi asal muasal nama Mempawah. Kemudian terjadi juga peristiwa Perjanjian Batu Belah antara Panembahan Singkawak dengan Raja Sambas Ratu Anum Kusumayuda.
Sedangkan Panembahan Senggaok yang bersengketa dengan Opu Daeng Menambon, yang kemudian didamaikan oleh Raja Landak Ratu Bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...