Senin, 29 Januari 2018

BERWISATA KE KABUPATEN SANGGAU KALIMANTAN BARAT


Berdasarkan sejarahnya, Sanggau merupakan sentral terbentuknya kerajaan-kerajaan lain yang kemudian membentuk Kabupaten atau Kota. Kota Sanggau telah melewati rentang sejarah yang panjang dan merupakan salah satu bagian cikal bakal terbentuknya kerajaan Sanggau yang dahulunya tempat ini disebut Kantu’.
Kantu’ sendiri merupakan wilayah yang dibangun bersama-sama oleh beberapa kelompok antara lain :
1.        Danum adalah Paman Aji Melayu dan juga merupakan adik kakek Putri Nilam Cahaya atau Dara Nante, Raja Kerajaan Sangkra pada waktu itu.
2.        Datok Udak atau Dakdudak yang merupakan saudara kembar Danum.
3.        Belang Pinggang, Puyang Belawan, Belang Patung, Belang Bau dan Bui Nasi. Mereka adalah adik beradik, anak dari Sabong Mengulur atau Manok Sabong  dengan  Pukat  Mengawang adik perempuan Macan Uwi’ atau Babai Cinga’. Bui nasi kemudian bergelar Singa Elang Burong atau Singalang Burong, pembangun awal Putussibau yang kemudian membangun kerajaan Bunut Kapuas Hulu.

Kelompok-kelompok ini di bawah inisiatif Singa Guntur Baju Binduh atau Aji Tanjak yang kemudian membangun Negeri Palembang di Hulu Kapuas dan selanjutnya menjadi kerajaan Selimbau. Dari ikrar kelompok-kelompok inilah kemudian tercetus nama Kantu’ yang selanjutnya menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Sanggau.
Berdasarkan sejarahnya nama Sanggau berasal dari nama terusan atau sungai buatan yang dibangun oleh Abang Awwal atau Sultan Awwaludin pada tanggal 16 Rabi’ul Awwal 1025 Hijriah atau bertepatan pada tanggal 3 April 1616 Masehi. Dinamakan Sungai Sanggau karena di sungai ini ditumbuhi oleh pohon Sangao, yaitu sejenis pohon rambutan atau beletik yang berkulit tebal dan isinya tipis serta sangat berbahaya jika tertelan bijinya. Terusan atau sungai buatan ini lokasinya sekarang berada dibelakang Masjid Jami’ Kantu’ dan juga terdapat rumah meriam Segentar Alam. Berdasarkan penyebutan untuk nama sungai inilah maka wilayah tersebut dinamakan Sangao yang sekarang menjadi nama “Sanggau.

Ringkasan buku Berwisata Ke Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNGKUI THE TRADITIONAL CULINARY OF SANGGAU

Sungkui is a traditional Sanggau food made of rice wrapped in Keririt leaves so that it is oval and thin and elongated. Sungkui is a typical...